Home Bisnis Keren, Lombok Bakal Memiliki Sirkuit MotoGP pertama di Indonesia

Keren, Lombok Bakal Memiliki Sirkuit MotoGP pertama di Indonesia

97
0
SHARE

lombokonline.co.id, Jakarta – Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal memiliki sirkuit balap berkelas internasional. Digadang-gadang, ini akan menjadi sirkuit MotoGP pertama di Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M Mansoer mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd, dan Mrk1 dalam mengembangkan sirkuit ini.

ITDC adalah BUMN yang ditugasi pemerintah sebagai BUMN untuk mengembangkan pariwisata Mandalika. Sedangkan Roadgrip dan Mrk1 adalah dua perusahaan perancang, pengembang dan operator sirkuit balap motor.

“‎Kami sedang merencanakan pembangunan street race circuit internasional Mandalika,” tutur Abdulbar di sela peresmian Signage Kuta Mandalika, di Nusa Tenggara Barat, Jumat (27/1/2017).

Abdulbar mengatakan, saat ini tengah dilakukan studi dan penjajakan. MoU antara ketiga perusahaan sudah dilakukan pada 20 Januari 2016 lalu. Sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia‎ yang dibangun dengan standar FIM dan FIA.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi ITDC untuk dapat mempersembahkan ‎infrastruktur kelas dunia yang dapat membawa event top dunia ke Lombok dan ke Indonesia,” dia menuturkan.

Abdulbar belum mau mengungkap berapa besaran investasi yang bakal dihabiskan untuk membangun sirkuit ini. Namun terkait konsep, sirkuit ini akan dibangun di atas lahan 80 hektare (ha) dengan panjang 5 hingga 8 kilometer (km).

“Itu masih perkiraan. Nanti kita hitung ulang,” jelas dia. (Zul/Nrm)

LEAVE A REPLY